Makna Aqiqah

Menurut bahasa bermakna " memutuskan/memotong ", menurut istilah Syar'i " menyembelih kambing untuk anak yang baru lahir pada hari ke 7 (tujuh) dari hari kelahirannya.

'Aqiqah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama islam. Dalil-dalil yang menyatakan hal ini, di antaranya, adalah Hadits Rasulullah saw, "Setiap anak tertuntut dengan 'Aqiqah-nya'?. Ada Hadits lain yang menyatakan, "Anak laki-laki ('Aqiqah-nya dengan 2 kambing) sedang anak perempuan ('Aqiqah-nya) dengan 1 ekor kambing'?. Hukum 'Aqiqah adalah sunnah, Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan Imam Malik, dengan berdasarkan dalil di atas. Para ulama itu tidak sependapat dengan yang mengatakan aqiqah itu wajib, dengan menyatakan bahwa seandainya 'Aqiqah wajib, maka kewajiban tersebut menjadi suatu hal yang sangat diketahui oleh agama. Dan seandainya 'Aqiqah wajib, maka Rasulullah saw juga pasti telah menerangkan akan kewajiban tersebut.


Rosullullah Bersabda :
"Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke 7 (tujuh) dan dicukur rambut kepalanya serta diberi nama.
(H.R. Tirmizi, Nasa'i dan Ibnu Majah dari Samirah)

dari hadist tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa aqiqah adalah :
- Menyembelih kambing
- Memberi nama yang baik sebagai cerminan do'a
- Mencukur rambut kepalanya

Apabila kita sudah melaksanakan hal tersebut diatas berarti kita telah melaksanakan Aqiqah.


Perbedaan Aqiqah dan Qurban
yang menjadi perbedaan Aqiqah dengan Qurban adalah, jika seseorang melaksanakan qurban maka daging Qurban tersebut dibagi-bagikan dalam keadaan mentah, sedangkan untuk Aqiqah, daging tersebut dibagi-bagikan dalam keadaan yang sudah diolah/masak. Kita dapat mengambil hikmah syariat 'Aqiqah. Yaitu, dengan 'Aqiqah, kita dapat berbagi rasa senang yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan adanya keturunan, berbagi rasa kasih sayang di masyarakat karena mereka berkumpul dalam satu walimah sebagai tanda rasa syukur kepada Allah swt. Dengan ber-Aqiqah pula, berarti bebaslah tali belenggu yang menghalangi seorang anak untuk memberikan syafaat pada orang tuanya. Dan lebih dari itu semua, bahwasanya 'Aqiqah adalah menjalankan syiar Islam. Wallahu A'lam.